ingatlah di dunia ini tidak ada yang kekal karena semua akan binasa oleh Nya

cara membuat blog melalui Wordpress dan blogspot

Ada beberapa teman yang bertanya kepada saya mengenai cara membuat blog. Ada yang mengira sulit untuk membuat. Padahal untuk membuat blog caranya tidak terlalu sulit dan cepat. Syarat untuk membuat blog yaitu mempunyai alamat email. Dimana nanti akan dipergunakan untuk menerima informasi penting mengenai blog yang dibuat. Berikut ini akan saya sampaikan cara membuat blog melalui Wordpress. Membuatnya relatif cepat, hanya membutuhkan beberapa menit. Namun kebanyakan yang membuat lama adalah memikirkan nama blog, username serta paswordnya . Jadi sebelum membuat bisa dikira2 dahulu sebaiknya nama blognya apa.

Cara membuat blog melalui Wordpress:

1. Buka alamat http://www.wordpress.com/signup

2. Kemudian isi dengan :

* Username: Masukkan username/nama pengguna, sedikitnya 4 karakter. Bisa berupa huruf ataupun angka
* Password: Masukkan password/kata kuncinya, bisa huruf besar atau kecil, angka dan simbol seperti !ӣ$%^&(. Apabila password yang dimasukkan terlalu mudah ditebak maka biasanya akan disuruh mengulang kembali. Jadi usahakan passwordnya good atau strong di indikator password.
* Confirm: Masukkan kembali password tadi
* Email Address: Masukkan alamat email Anda. Jangan sampai salah memasukkan alamat email, karena email tersebut dipergunakan untuk menerima informasi penting mengenai blog yang Anda buat.
* Legal flotsam: Mengenai perjanjian pembuatan blog. Silahkan dicentang “I have read and agree to the fascinating terms of service.”
* Centang bagian Gimme a blog! (Like username.wordpress.com). Tapi biasanya sudah tercentang
* Klik “Next”
* Apabila gagal karena ada kesalahan silahkan perbaiki kembali

3. Akan ada halaman selanjutnya:

* Blog Domain : Isi dengan nama blog yang diinginkan misalnya: darmawanku.wordpress.com. Nama blog sedikitnya 4 karakter. Bisa berupa huruf ataupun angka. Hati2 karena nama blog tidak bisa diubah. Apabila nama blog sudah dipergunakan orang lain maka Anda akan disuruh mengulang kembali.
* Blog Title : Judul blog. Bisa diisi apa saja. Nantinya bisa diubah-ubah dalam settingan blog.
* Language : Pilih bahasa yang akan dipergunakan. Bisa bahasa Indonesia, Inggris atau lainnya. Sebaiknya memilih bahasa Indonesia saja.
* Privacy: Mengenai apakah blog Anda ingin masuk mesin pencari sepeti Google atau tidak. Centang untuk menampilkan blog Anda di mesin pencari. Biasanya blog baru akan tampil di Google dalam beberapa minggu setelah dibuat.
* Klik “Sign Up”, apabila berhasil kemudian akan ada halaman “Your Account Is Now Active“
* Apabila gagal karena ada kesalahan silahkan perbaiki kembali, biasanya kesalahan karena nama blog sudah dipergunakan orang lain.

4. Selesai. Blog Anda sudah jadi.

* Silahkan mengecek email Anda untuk mengetahui informasi penting mengenai blog Anda. Bisa juga langsung membuka blog dengan http://nama-blog-anda.wordpress.com/.

* Untuk masuk ke pengaturan blog dapat melalui http://nama-blog-anda.wordpress.com/login.

* Setelah masuk halaman pengaturan blog, untuk mengubah tampilan bisa melalui bagian Tampilan/Presentation, pilih themes sesuai keinginan Anda.

selamat mencoba !!!!!!! :D
sedangkan cara membuat di blogspot antara lain
1. Anda harus memiliki sebuah E-mail. Kami sarankan e-mail dari gmail.com (https://www.gmail.com/).

2. Masuk ke : https://www.blogger.com/, dan pilih Pilihan Bahasa / Language ke Bahasa Indonesia.

3. Klik BUAT BLOG hingga masuk halaman (1) Ciptakan Account

3. Isi data sesuai pertanyaan yang ada.

Diantaranya :

- Ketik alamat e-mail anda (namaanda@gmail.com).

- Ketik password yang Anda rasa aman. Kami sarankan jangan menggunakan tanggal lahir atau nama Anda. Buatlah password yang merupakan gabungan dari Angka, Huruf, dan Karakter. Usahakan password blog Anda sama dengan password e-mail Anda yang tertera, agar mudah dihafal.

-Ketik Nama Tampilan. Nama ini adalah nama yang akan tertera pada profil blog Anda.

-Ketik verifikasi kata sesuai yang ada pada tulisan berwarna hijau yang ada.

-Centang kolom "Saya menerima Persyaratan dan Layanan".

4. Klik Lanjutkan hingga masuk halaman (2) Namai Blog.

- Beri Judul Blog Anda, misalnya : BLOGGER CUAKEP

- Ketik Alamat Blog Anda, misalnya http://www.bocahedancilacap.blogspot.com/. Kami sarankan nama blog Anda sesuai dengan Judul Blog Anda. Usahakan tidak ada tanda minus ( - ) atau karakter yang lain, agar mudah dihafal.

- Klik "cek ketersediaan" untuk memastikan alamat blog Anda tidak dimiliki orang lain. Bila tidak tersedia, cari alamat lainnya sampai tersedia.

5. Klik lanjutkan, hingga masuk halaman Pilih Template. Pilih template yang Anda suka, klik Lanjutkan.

6. Selamat...!! Blog Anda sudah jadi. Ketik Artikel pertama Anda dan jangan lupa beri judul.

Semoga Blog Anda bermanfaat untuk banyak orang di kemudian hari.

Ingat. Apa yang sudah kita sampaikan ke orang lain, selama itu adalah hal yang positif, maka kita pasti akan mendapatkan balasan yang sama. Namun bila kita menyampaikan hal yang negatif ke orang lain, maka kita juga akan mendapatkan balasan yang sama.

Untuk itu. Agar hidup kita yang sebentar ini lebih bermanfaat dan agar kita Sukses di dunia dan di akhirat, isilah Blog Anda dengan hal-hal yang positif. Saling berbagi ilmu, bukan berbagi hal-hal yang tidak baik.
SEO Stats powered by MyPagerank.Net