ingatlah di dunia ini tidak ada yang kekal karena semua akan binasa oleh Nya

Apakah Anda Melakukan Kesalahan Ini Di FaceBook

Jika Anda adalah pengguna Facebook, maka ini adalah informasi paling penting yang harus Anda ketahui agar terhindar dari hal hal negatif, oleh karena itu sampaikan juga artikel ini pada teman teman facebook Anda juga.

Secara default, atau standard dari Facebook, banyak sekali informasi pribadi menjadi terbuka untuk umum, sehingga tanpa disadari semua orang bisa melihat informasi yang mungkin tidak ingin Anda share pada semua orang (tapi tidak Anda sadari).

Karena informasi yang pribadi tersebut dapat digunakan oleh pencuri identitas untuk berbagai tindakan kriminal, misalnya mendaftar kartu kredit, membuka rekening, atau hal hal lain yang belum terpikir oleh kita.

Beberapa fakta yang saya dapatkan ketika Googling:

“About 80,000 people in Britain were victims of identity theft last year, at a cost to the economy of £1.5billion” - sumber Metro.co.uk

(Tahun lalu ada 80rb orang kehilangan 1.5Milyar Poundsterling karena identitas mereka dicuri)

“The popular social networking site facebook allows users to add a variety of applications to their profile. But a malicious program, masquerading as a harmless application, could potentially harvest personal data.” - sumber BBCworldnews.com

(Facebook mengijinkan para penggunanya untuk menambahkan berbagai aplikasi di profile, tapi ternyata ada yang berbahaya dan berpotensial mencuri data pribadi para pengguna)

“However, both Trend Micro and facebook are urging people to take care when they use the site, which contains reams of valuable personal information about the site’s 175 million users, including, in some cases, their birthdate, their favourite movies and photos from their latest vacation. Criminals gain access to that information by stealing a user’s Facebook login using malicious code such as worms or rogue applications.” - sumber www.CBC.ca

(Trend Micro & facebook memperingatkan semua pengguna website Facebook agar menjaga informasi pribadi seperti tanggal lahir, foto liburan, film favorit. Karena bisa saja ada kriminal yang mengambil informasi tersebut dengan menggunakan aplikasi)

Pastikan Anda memperhatikan Cek List berikut pada facebook Anda agar semua lobang berbahaya bisa tertutup rapat:

1. Profile Privacy Setting harus tepat

Banyak sekali pengguna facebook tidak tahu bahwa mereka harus privacy Profile Setting untuk melindungi informasi pribadi. Lihat screenshot berikut, agar hanya teman yang sudah dikonfirm yang bisa melihat profile Anda. Tentu saja dalam hal ini, Anda juga jangan sembarangan mengkonfirm teman, jika tidak ingin mereka mengetahui informasi pribadi Anda.

Privacy Setting Profile Facebook

2. Privacy Setting dari Contact Information

Anda mungkin tidak ingin semua teman yang dikonfirm di Facebook mengetahui nomor telpon Anda, jadi silahkan atur settingnya dibagian Contact Informasion pada Profile Setting

Privacy Setting Profile Contact Info Facebook

3. Privacy Search Discovery Setting

Disini adalah setting dimana orang lain menggunakan fasilitas search di FaceBook. Ikuti setting berikut.

Privacy Setting Profile Search Facebook

4. Privacy Application Setting

Privacy Setting Profile Application Facebook

5. Hati-hati ketika menginstall Aplikasi

Jangan sembarang menerima program aplikasi dari pihak ketiga sebelum Anda cek. Hanya menerima aplikasi dari sumber yang Anda percaya. Disini bisa terjadi lobang keamanan, jika Anda tidak hati hati dalam meninstall aplikasi.

Sekarang, langsung aja dech cek privacy setting Anda, sebelum lupa.

Enjoy more secure FaceBook now.
salam damai "........................
SEO Stats powered by MyPagerank.Net